Contoh Hewan Karnivora Serta Pengertian & Ciri, Habitat
By: Date: 2021-02-10 Categories: Umum
Contoh-Hewan-Karnivora-Serta-Pengertian-&-Ciri,-Habitat

Pahami karnivora

Karnivora adalah istilah yang berasal dari kata latin caro yang artinya daging, dan vorare yang artinya makanan. Oleh karena itu, hewan karnivora adalah hewan yang memakan daging dalam bahasa tersebut. Studi juga mengidentifikasi karnivora sebagai kelompok hewan yang memiliki keahlian berburu mangsa untuk diambil dagingnya. Jadi hewan karnivora merupakan kelompok hewan yang dapat disebut sebagai kelompok hewan liar.

 

Contoh-Hewan-Karnivora-Serta-Pengertian-&-Ciri,-Habitat

Namun ada juga hewan karnivora yang sangat populer dan tidak berbahaya, contohnya kucing. Pada umumnya karnivora memiliki kuku yang tajam di kaki dan tangan, serta gigi yang tajam. Mereka juga memiliki kemampuan berburu mangsa. Misalnya, seperti cheetah atau singa, mereka memiliki pengalaman mengintai dari kejauhan dan dapat berlari dengan sangat cepat.

Sifat karnivora

Semua kelompok hewan harus berbeda dengan kelompok hewan lainnya. karena pada dasarnya setiap kelompok memiliki kebiasaan, habitat dan makanan yang berbeda. Ciri-ciri hewan karnivora tercantum di bawah ini

1). Makanan utamanya adalah daging.
2). Mereka bisa dikatakan mamalia atau mamalia.
3). Mereka memiliki keahlian berburu mangsa.
4). Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak secara vivipar.
5). Termasuk sekelompok hewan dengan tulang punggung (vertebrata).
6). Kebanyakan hewan karnivora hidup di darat.
7). Termasuk binatang berbahaya atau binatang buas.
8). Memiliki kuku dan gigi taring yang tajam.
9). Memiliki ketrampilan untuk bergerak dengan sangat cepat.
10). Penglihatan dan pendengaran yang tajam.

Habitat hewan karnivora

Habitat hewan karnivora ini hidup terutama di air dan di udara, terutama di darat. Karena di darat, lebih banyak mangsa atau makanan yang bisa digunakan untuk makanan. Hewan karnivora biasanya hidup di hutan lebat. Di luar negeri, hewan karnivora ini berkembang di alam liar.

Contoh karnivora

Di bawah ini adalah beberapa contoh karnivora

1). harimau

Harimau merupakan hewan mamalia yang memiliki tulang punggung dan berdarah panas. Harimau adalah spesies kucing terbesar dari jenisnya dan bahkan lebih besar dari singa.

Harimau juga merupakan karnivora, umumnya mereka berburu mangsa dengan ukuran tubuh yang cukup besar. Contohnya adalah rusa, rusa jantan, domba, zebra, babi, dan jenis mamalia lainnya. Jika harimau tidak ditemukan, mereka mencari hewan yang berukuran lebih kecil. Misalnya seperti landak.

2). singa

Singa adalah salah satu spesies mamalia yang termasuk dalam famili Felidae atau kucing besar. Singa hidup dan berkembang biak dalam kelompok dengan satu jantan dan beberapa betina. Dalam hal mencari makanan, singa betina lebih produktif dalam berburu dan mencari mangsa.

Sementara itu, singa jantan tenang dan hanya meminta sebagian dari permainan singa betina. Karena singa jantan dianggap lebih kuat dan garang dibanding kucing besar lainnya. Singa juga memiliki kelemahan; mereka tidak bisa memanjat seperti kucing besar lainnya.

3). kucing

Kucing merupakan hewan yang termasuk dalam kelas mamalia karnivora. Pada dasarnya kucing tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Karena kucing memiliki tubuh kecil yang diselimuti bulu dengan warna berbeda.

Karena keindahan bentuk tubuh dan warna bulunya yang indah, tak sedikit orang yang menjadikannya hewan peliharaan. Meski ada sebagian kecil orang yang tidak menyukai hewan ini. Kucing telah bercampur dan hidup berdampingan dalam kehidupan manusia selama kurang lebih 6.000 tahun.

4). anjing

Anjing adalah salah satu spesies mamalia yang telah berubah selama 15.000 tahun. Anjing mengalami distribusi dan perkembangan yang sangat baik, sehingga menghasilkan berbagai jenis spesies. Anjing Hewan ini termasuk dalam kelas mamalia karnivora seperti kucing.

Meskipun merupakan hewan karnivora, namun tidak banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. karena anjing, menurut beberapa orang, memiliki bulu dan bulu yang indah. Selain itu, anjing juga termasuk hewan yang pandai dan cerdik jika hewan tersebut dilatih dengan baik.

5). Beruang Madu

Beruang madu adalah beruang dari kelompok hewan Ursidae, yang terkecil dari delapan jenis beruang di dunia. Beruang madu merupakan salah satu hewan asli Bengkulus dan merupakan simbol daerah.

Beruang madu dewasa panjangnya hanya 1,4 m, memiliki tinggi punggung 70 cm dan berat hanya 50-65 kg. Beruang madu memiliki bulu hitam, berkilau dan pendek. Umumnya hewan ini hidup dan berkembang biak di hutan primer sekunder dan di kawasan pertanian.

6). Macan tutul mendung

Macan tutul keruh merupakan kucing berukuran sedang dengan panjang tubuh hanya 95 cm. Hewan ini memiliki bulu berwarna abu-abu kecoklatan dengan motif mirip awan dan bintik hitam di badan. Mereka memiliki kaki yang pendek, tetapi harimau ini memiliki kaki yang besar dan ekor yang panjang.

Baca Juga: