Energi adalah: definisi, bentuk, sumber, cara menyimpan
By: Date: 2021-03-28 Categories: Pendidikan
Energi-adalah-definisi-bentuk-sumber-cara-menyimpan

Definisi Energi
Acara Baca Cepat

Setiap hari Anda pasti melakukan berbagai aktivitas. Untuk itu, Anda membutuhkan tenaga. Energi adalah energi untuk melakukan suatu aktivitas. Energi dibutuhkan saat membaca, bersepeda, atau berolahraga. Anda bisa mendapatkan energi dari makanan.

Energi-adalah-definisi-bentuk-sumber-cara-menyimpan
Bentuk – Bentuk Energi

Selain manusia, benda lain juga memiliki energi. Energi tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Namun, energi dapat diamati dari hasil yang ditimbulkannya. Ada berbagai bentuk energi yang dimiliki benda. Sekarang, kita akan mempelajarinya satu per satu.

1. Energi Pergerakan

Perhatikan mobil cepat. Mobil dapat berjalan karena digerakkan oleh energi. Energi ini berasal dari bahan bakar. Tahukah Anda bahwa mobil yang bergerak juga memiliki energi? Setiap benda yang bergerak memiliki energi. Energi ini disebut energi gerak atau energi kinetik. Ban sepeda kayuh juga punya tenaga. Begitu juga dengan baling-baling yang berputar. Semakin cepat benda bergerak, semakin besar energi geraknya. Energi gerak bermanfaat bagi kehidupan manusia. Mobil gerak, sepeda motor dan gerobak dapat digunakan untuk transportasi. Gerakan pengaduk digunakan untuk mengaduk adonan kue. Energi gerak juga dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Kincir angin atau kincir air dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

2. Energi Potensial

Pernahkah Anda melihat kompetisi memanah? Peralatan yang digunakan dalam kompetisi memanah adalah busur dan anak panah. Busur bisa melempar anak panah. Ini terjadi karena busur memiliki energi potensial. Busur yang direntangkan menghasilkan energi potensial. Jenis energi potensial ini disebut energi potensial pegas. Energi potensial inilah yang akan melontarkan anak panah.

Energi potensial juga ada di benda lain. Pegas yang ditekan memiliki energi potensial. Karet gelang yang direntangkan memiliki energi potensial. Ketapel yang direntangkan juga memiliki energi potensial. Selain potensi pegas, ada juga potensi gravitasi. Energi potensial gravitasi dimiliki oleh benda-benda di dataran tinggi. Kelapa di pohon memiliki energi ini. Aliran air terjun juga memilikinya
3. Energi Panas

Pernahkah Anda membantu ibu mengeringkan pakaian? Saat hari mendung, pakaian menjadi lambat mengering. Mengapa demikian? Pakaian tidak cepat kering karena tidak ada panas matahari. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari mempercepat pengeringan pakaian. Energi panas matahari juga menghangatkan tubuh kita. Apakah ada energi panas lain selain matahari? Tentu ada. Energi panas lainnya juga bermanfaat bagi manusia. Energi panas dari kompor digunakan untuk memasak. Energi panas dari setrika digunakan untuk menghaluskan pakaian.
4. Energi Cahaya

Bisakah kamu membaca di tempat gelap? Sudahlah membaca, Anda akan kesulitan hanya menonton. Untuk melihat dan membaca Anda membutuhkan energi cahaya. Matahari adalah sumber energi cahaya terbesar di bumi. Anda bisa beraktivitas di siang hari karena diterangi terangnya sinar matahari.

Saat malam tiba, matahari tidak bersinar. Anda menggunakan energi cahaya dari sumber lain. Obor dan lilin mampu menghasilkan energi cahaya. Begitu juga dengan lampu listrik dan lampu minyak.
5. Energi Suara

Apakah Anda suka mendengarkan musik? Musik adalah suara alat musik. Suara adalah salah satu bentuk energi. Gitar dan gendang adalah contoh alat musik. Gitar dan drum menghasilkan energi suara. Saat dipetik, senar gitar akan bergetar. Gendang yang dipukul juga akan bergetar. Getaran ini menimbulkan suara yang keras. Jadi, energi suara dihasilkan oleh objek yang bergetar
Sumber energi

Setiap latihan tentunya kita membutuhkan tenaga. Energi juga dibutuhkan untuk aktivitas lain. Energi diperoleh dari makanan. Jika Anda tidak makan, Anda tidak punya energi. Dengan demikian, Anda tidak dapat melakukan aktivitas.
Lihat Juga: Sistem Pemerintahan

Makanan adalah sumber energi. Sumber energi adalah hal yang menghasilkan energi. Sumber energi mampu memberikan energi pada benda lain. Selain makanan, apa sajakah sumber energi lainnya? Yuk simak pembahasan berikut ini
1. Bahan Makanan

Manusia membutuhkan makanan untuk hidup dan beraktivitas. Makanan manusia berasal dari tumbuhan atau hewan. Contoh makanan dari hewan adalah ikan, daging, dan telur. Contoh makanan nabati adalah nasi, jagung, sayur dan buah. Di dalam tubuh manusia, makanan diubah menjadi energi. Energi ini digunakan untuk membaca, bermain, atau berolahraga
2. Minyak dan Gas Alam

Minyak bumi berasal dari dalam bumi. Gas alam juga berasal dari dalam bumi. Minyak bumi dan gas alam adalah sumber energi. Keduanya banyak digunakan oleh manusia. Minyak bumi diolah menjadi bensin, solar dan minyak tanah. Bensin dan solar digunakan untuk menjalankan mobil. Minyak tanah digunakan sebagai bahan bakar kompor. Gas alam juga digunakan

 

 

 

LIHAT JUGA:

 

https://konveksipekanbaru.co.id/
https://cialis.id/
https://forbeslux.co.id/
https://furnituremebeljepara.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://obatpenyakitherpes.id/
https://obatsipilisampuh.id/
https://obatwasirambeien.id/
https://obatkuatpria.id/
https://obatpenggemukbadan.id/