Fotografi adalah: definisi, sejarah, perkembangan, tipe
By: Date: 2021-03-15 Categories: Pendidikan
Fotografi-adalah-definisi-sejarah-perkembangan-tipe

Fotografi adalah: definisi, sejarah, perkembangan, tipe

Pahami fotografi

Sebelum berbicara tentang sejarah fotografi ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu arti dari fotografi. Photography berasal dari bahasa inggris yaitu photography sedangkan asal katanya berasal dari bahasa yunani yaitu photos yang artinya cahaya dan grapho yang artinya lukisan. Jadi pengertian fotografi adalah menulis atau melukis dengan bantuan media cahaya.

Fotografi-adalah-definisi-sejarah-perkembangan-tipe

Jadi fotografi adalah suatu cara atau proses membuat suatu gambar atau foto hasil jepretan suatu objek dengan merekam pantulan cahaya. Dimana cahaya menangkap objek menggunakan media fotosensitif.

Sejarah Fotografi

Nah, setelah kita memahami pentingnya fotografi, kali ini kita akan membahas sejarah fotografi secara detail. Sejarah fotografi sendiri sudah ada sejak abad ke-19. Lebih tepatnya, 1839 adalah tahun / tahun pertama lahirnya fotografi. Saat itu resmi berdiri di Prancis bahwa keberadaan fotografi merupakan sebuah terobosan baru di bidang teknologi.

Sejarah fotografi dimulai jauh sebelum dimulainya Masehi. Tepatnya pada abad ke-5 (5) SM Chr. Atau v. Ada seorang pria bernama Mo Ti yang dia amati suatu gejala. Jika terdapat lubang atau lubang kecil pada dinding ruangan yang gelap, maka bagian dalam ruangan tersebut akan direfleksikan secara terbalik melalui lubang kecil pada tampilan luar ruangan. Mo Ti sendiri adalah orang pertama yang mengenali fenomena kamera obscura.

Sejak itulah sejarah fotografi dimulai, begitu banyak orang mengenal dan mengagumi fenomena ini, sebut saja nama rumah tangga, Aristoteles pada abad ketiga SM, dan juga seorang ilmuwan nasional Arab, Ibn Al Haitam atau Al. Hazen pada abad kesepuluh SM, di mana karakter tersebut berusaha untuk membuat dan mengembangkan perangkat yang sekarang disebut kamera. Seorang ilmuwan nasional Italia tahun 1558 bernama Giambattista Della Porta juga mengatakan bahwa camera obscura ada di dalam sebuah kotak yang membantu pelukis menangkap gambar sebuah gambar.

Nama Camera Obscura juga diciptakan pada tahun 1611 oleh Johannes Kepler, di mana Johannes Kepler merancang desain kamera portabel yang dibuat menjadi tenda dan kemudian disebut perangkat tersebut sebagai Camera Obscura.

Perkembangan fotografi

Akhirnya fotografi berkembang dengan cepat dan sangat cepat melalui sebuah perusahaan bernama Kodak Eastman, George Eastman, yang mengembangkan fotografi dengan membuat dan menjual gulungan film dan kamera tinju, yang sangat nyaman. Setelah beberapa waktu perkembangan dunia fotografi mengalami berbagai penyempurnaan seperti penyempurnaan film, lensa, shutter, dan kertas foto.
Jenis fotografi

Fotografi lanskap
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap adalah fotografi pemandangan alam atau dalam arti lain sejenis fotografi yang merekam keindahan alam. Bisa juga dipasangkan dengan orang lain seperti manusia, hewan dan lain-lain, namun fokus utamanya tetap pada alam. Ada beberapa area fotografi lanskap yang berbeda seperti pemandangan laut, yang lebih berfokus pada laut, lanskap kota, yang berfokus pada daerah perkotaan, dan langit, yang difokuskan pada pandangan ke langit.

Fotografi makro
Fotografi makro

Fotografi makro adalah jenis fotografi yang mengambil gambar close-up dengan objek kecil sebagai subjek utamanya. Objek fotografi makro bisa berupa serangga, bunga, embun, atau objek lain yang berada dalam jarak close-up untuk membuat detail yang menarik. Fotografer umumnya menggunakan lensa makro untuk membuat foto terlihat lebih tajam. Namun, fotografer dengan anggaran terbatas dapat menggunakan filter close-up, tabung ekstensi, atau cincin pemasangan sebagai alternatif lensa makro.

 

 

 

LIHAT JUGA :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/
https://ruangseni.com/
https://www.kakakpintar.id/
https://www.belajarbahasainggrisku.id/
https://duniapendidikan.co.id/
https://pengajar.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://appbrain.co.id/
https://nomorcallcenter.id/
https://callcenters.id/