Cara Membuat Halaman di Microsoft Word Lengkap
By: Date: 2021-02-05 Categories: Teknologi
Cara-Membuat-Halaman-di-Microsoft-Word-Lengkap

Pada halaman ini Anda akan belajar cara membuat halaman dalam Word (Basic). Buat halaman dengan angka romawi. Menghilangkan nomor halaman di sampul. Buat halaman berbeda dalam satu dokumen. Membuat halaman ganjil-genap, dll.

Cara-Membuat-Halaman-di-Microsoft-Word-Lengkap

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word Lengkap

Membuat dokumen di Ms. Word seperti penulisan proposal, penulisan makalah, dan laporan atau dokumen lain mungkin terasa familiar bagi Anda.

Bahkan bisa jadi Anda benar-benar membuat dokumen setiap hari. Apakah Anda juga ingin dokumen terlihat rapi, terstruktur, dan mudah dipahami?

Jika demikian, maka Anda perlu menyusun setiap bagian dari elemen dalam dokumen dengan baik mulai dari sampul, kata pengantar, daftar ringkasan, daftar isi, isi dokumen, dan daftar pustaka.

Bagian-bagian akan terpisah dengan rapi jika Anda menggunakan render halaman di Word dengan benar. Biasanya untuk dokumen dengan bagian kata pengantar pada daftar isi halaman, penomorannya menggunakan angka romawi, misalnya I, II, III dan seterusnya.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan BAB I Pendahuluan pada bagian selanjutnya dimana penomoran yang digunakan adalah bentuk angka seperti 1,2,3, dan seterusnya.

Meskipun membuat dokumen di Word adalah hal yang umum, beberapa orang masih belum begitu memahami cara membuat halaman di Word dengan mudah.

Di bawah ini adalah tutorial yang akan memudahkan anda dalam belajar membuat halaman dokumen di Ms. Word.

1. Cara Membuat Halaman di Word (Dasar-dasar)

Bagaimana membuat halaman dalam kata
dailysocial.id

Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam memodifikasi halaman di Word dengan pemformatan angka, Anda perlu mempelajari cara menggunakan nomor halaman. Pelajari langkah lengkapnya di bawah ini.

Buka dokumen Microsoft di Word Anda
Pilih tab Sisipkan, lalu pilih Nomor Halaman
Pilih posisi nomor halaman yang diinginkan, diatas dan dibawah yang kesemuanya bisa anda sesuaikan dengan selera dan juga kebutuhan anda
Tunggu beberapa detik dan akan muncul sejumlah halaman berupa angka 1, 2, 3, dan seterusnya pada semua halaman dokumen di Microsoft Word
Kemudian langsung kamu klik menu Close Header & Footer.

 

2. Membuat Halaman dengan Angka Romawi

Cara membuat halaman di Word dengan angka romawi
caratutorial.com

Jika sebelumnya Anda telah mempelajari tentang cara membuat halaman di Word dasar. Sekarang Anda bisa belajar dan membuat halaman pada dokumen dengan angka romawi, berikut langkah lengkapnya:

Buka dokumen di Microsoft Word
Pilih tab Sisipkan
Klik Nomor Halaman lalu Format Nomor Halaman sehingga Anda dapat mengubah jumlah halaman sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda
Selanjutnya akan muncul jenis tampilan Page Number Format. Anda juga dapat memilih “Format Angka” dalam bentuk angka Romawi
Klik Ok
Hasilnya adalah dokumen Anda sudah menggunakan angka Romawi.

Juga Pelajari: Bagaimana Membuat Judul pada Ms. Word

3. Menghilangkan Nomor Halaman pada Penutup Dokumen

Setiap dokumen pasti akan memiliki sampul atau yang disebut dengan sampul. Sampul pada dasarnya adalah halaman awal dari sebuah dokumen dan biasanya berisi judul dan identitas penulisnya.

Dalam penomoran jenis dokumen, semua yang ada di bagian akan diberi nomor kecuali untuk halaman sampul. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda menghilangkan nomor halaman pada sampul saat Anda menggunakan cara membuat halaman di Word?

Menghilangkan Nomor Halaman pada Penutup Dokumen

Simak langkah mudahnya di bawah ini.

Buka dokumen di Microsoft Word yang akan Anda buka halamannya
Klik dua kali pada nomor halaman yang ada di dokumen, disini juga nomor halamannya berupa angka romawi
Kemudian pilih tab Design, lalu centang Option
Pilih menu Halaman Pertama Berbeda, maka halaman pertama maupun sampul tidak akan memiliki nomor halaman
Namun, halaman kedua, yaitu halaman setelah sampul, masih memiliki nomor halaman yang diawali dengan angka romawi ii atau 2 dalam angka romawi dan bukan i atau angka pertama pada angka romawi.

4. Membuat Halaman Kedua dengan Nomor I

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui cara menghilangkan nomor pada cover atau cover. Selanjutnya, Anda juga punya cara untuk membuat halaman kedua dokumen Anda dengan nomor i atau nomor pertama dari romawi bukan ii.

Cara Membuat Halaman Kedua di Word dengan Nomor I

Simak saja ulasan lengkapnya di sini.

Buka dokumen Anda sendiri di Microsoft Word.
Kemudian aktifkan halaman pertama dan sampul dengan mengklik huruf terakhir. Huruf terakhir dari kata terakhir di halaman pertama
Pilih menu “Continuous” dan klik, maka nanti nomor dari halaman di halaman kedua juga akan hilang dimana sebelumnya ada nomor ii tapi sekarang tidak ada nomor
Anda juga dapat mencoba menghapus centang pada Halaman Pertama yang Berbeda

 

  Lihat Juga : download scribd gratis