5 Cara Dan Contoh Membuat Motivation Letter
By: Date: 2021-07-24 Categories: Pendidikan
motivation-letter

5 Cara dan Contoh Membuat Surat Motivasi Dalam Melamar Pekerjaan dan Beasiswa

motivation-letter

Cara dan Contoh Membuat Surat Motivasi yang ‘Paling Diperhatikan’ dalam Melamar Pekerjaan dan Beasiswa

Surat motivasi adalah surat yang berisi penjelasan tentang motivasi kita untuk bergabung dengan suatu perusahaan atau untuk melamar beasiswa. Surat motivasi adalah surat yang dianggap sangat penting yang akan menyertai CV atau curriculum vitae Anda, karena surat itu akan menjadi pertimbangan kita apakah kita layak untuk bergabung dengan perusahaan atau untuk mendapatkan beasiswa yang kita inginkan.

Menulis surat motivasi juga memiliki banyak versi, namun jangan sampai surat motivasi yang kita tulis adalah surat motivasi dengan bahasa yang arogan dan terkesan sesat. Jadi apa cara terbaik untuk menulis surat motivasi? Berikut penjelasannya.

Bagi anda yang sedang mencari aplikasi yang bermanfaat, kami sarankan untuk mencoba mengakses situs techin.id untuk mendownload aplikasi unlimited secara gratis disana.

Tips Membuat Surat Motivasi Yang Dapat Dipertimbangkan

1. Kenali lebih jauh tentang perusahaan atau beasiswa yang kita lamar.

Saat melamar pekerjaan atau beasiswa, sebaiknya kita mengenal lebih dekat dan lebih mendalam tentang perusahaan atau beasiswa tersebut. Agar tujuan kita tidak menjadi kabur dan kita dapat menyampaikannya dengan jelas.

2. Tulislah surat motivasi dengan bahasa yang sederhana namun tidak berbelit-belit.

Surat motivasi adalah surat yang berisi tentang motivasi kita, mengapa kita ingin melamar pekerjaan atau beasiswa dan apa nilai jual dari kita, oleh karena itu sampaikan dengan bahasa yang santai namun tetap mudah dipahami dan jelas, tidak bertele-tele.

3.Fokus pada kelebihan yang kita miliki.

Dalam surat motivasi kita juga harus memiliki nilai jual untuk diri kita sendiri, kita harus menceritakan kelebihan apa yang kita miliki sehingga kita layak untuk dipertimbangkan di perusahaan atau beasiswa.

4. Ingat, kita sedang menulis surat motivasi, bukan CV

Surat motivasi dan CV adalah dua hal yang saling melengkapi, namun tetap berbeda. jangan salah paham. Saat kita menulis surat motivasi, tulislah dalam bahasa yang paling menarik.

5. Jujur dan Hindari Kebohongan dalam Menulis Surat Motivasi.

Walaupun harus membuat surat motivasi semenarik mungkin, hindari berbohong atau mengarang-ngarang surat motivasi, karena justru akan menjadi penilaian bagi kita.

Contoh Surat Motivasi

penamaan.
Panitia Seleksi PKBH FH,
Surat motivasi ini saya tulis untuk menyatakan minat saya yang besar untuk melamar sebagai staf PKBH FH. Setelah melihat visi Misi lembaga bantuan & kampus Hukum, saya percaya bahwa saya layak dan sangat tertarik untuk mencoba mendaftar.
Ketertarikan ini didasari oleh latar belakang saya di bidang hukum yang tentunya tidak lepas dari Perguruan Tinggi yang saya tempuh selama kurang lebih 3 (tiga) tahun di Fakultas Hukum Universitas tersebut. Tujuan saya adalah mendaftar untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemberian bantuan hukum dan juga sebagai bagian dari karir saya di masa depan.
Materi kuliah yang telah saya tempuh selama di Fakultas Hukum UNIVERSITAS dan juga sedikit pengalaman saya di bidang bantuan hukum menjadi penyemangat saya untuk masuk ke seksi PKBH FH UNIVERSITAS GADJAH MADA ini, dan tentunya menjadi bahan yang kuat. landasan bagi saya untuk dapat memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang terjerat masalah hukum.
Tujuan saya masuk di PKBH FH UGM adalah untuk mendapatkan tambahan pengalaman dalam bidang pemberian bantuan hukum kepada masyarakat. Selain itu dengan masuknya saya bisa di LBH saya berharap ilmu yang saya peroleh selama kuliah akan duduk di bangku dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri maupun orang lain.
Saya percaya bahwa saya adalah seorang pekerja keras dan seseorang yang dapat bekerja dalam tim dalam menyelesaikan setiap kasus hukum dan memiliki inovasi untuk memperbaiki masa depan hukum di Indonesia.
Besar harapan saya untuk bisa belajar banyak dari Lembaga Bantuan Hukum ini.
Hargai saya
Ron Anwar Fauzi
(Itu berarti)

Sayang.

Panitia Seleksi PKBH FH UGM,

Pernyataan motivasi ini saya tulis untuk mengungkapkan ketertarikan saya yang besar untuk melamar sebagai staf PKBH FH UGM. Setelah melihat visi & misi LBH kampus ini, saya yakin bahwa saya adalah orang yang layak dan sangat tertarik untuk mencoba mendaftar.

Ketertarikan ini didasari oleh latar belakang saya di bidang hukum yang tentunya tidak lepas dari perkuliahan yang telah saya tempuh selama 3 (tiga) tahun terakhir di Fakultas Hukum UGM. Tujuan saya melamar adalah untuk belajar lebih banyak tentang memberikan bantuan hukum dan sebagai bagian dari karir masa depan saya.

Materi kuliah yang saya ambil selama di Fakultas Hukum UGM dan juga sedikit pengalaman saya di bidang ba

Sumber :