News Item Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure
By: Date: 2021-07-21 Categories: Pendidikan
news-item-text

Teks pesan: definisi, tujuan, struktur umum, dan contoh terbaru

news-item-text

Teks Pesan: Definisi, Tujuan, Struktur Umum, dan Contoh Lengkap – Anda mungkin sangat akrab dengan berbicara tentang teks pesan. Teks pesan ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika Anda menikmati membaca koran, Anda tahu ini. Surat kabar adalah salah satu contoh artikel berita. Dalam bahasa Inggris, artikel berita berisi informasi tentang peristiwa yang dianggap penting atau layak diberitakan.

Bagi Anda yang belum memahami isi pesan, KBI pada kesempatan ini akan membahas pengertian, tujuan, struktur umum, dan contoh isi pesan.

Memahami teks pesan

Dalam bahasa Inggris “news” berarti berita. Hal ini tentu tidak asing lagi bagi kita. Beberapa ahli bahasa Inggris mendefinisikan teks pesan sebagai berikut:

“Berita adalah teks yang menginformasikan pembaca tentang berita atau peristiwa penting hari ini.”

Teks berita adalah teks yang menginformasikan kepada pembaca tentang peristiwa terkini yang layak diberitakan atau penting. Nilai pesan, yaitu dapat dilaporkan, oleh karena itu tidak semua peristiwa/peristiwa dapat dilaporkan. Hanya peristiwa atau peristiwa penting yang dapat dilaporkan. Jika kejadian/kejadian tersebut tidak penting, maka tidak layak diberitakan dan diketahui banyak orang.
Teks pesan tujuan

Tujuan dari isi pesan adalah

“Tujuan dari teks pesan adalah untuk memberi tahu pembaca tentang peristiwa yang layak diberitakan atau penting hari ini.”

Tujuan teks berita adalah untuk menginformasikan kepada pembaca tentang peristiwa sehari-hari yang bernilai berita atau penting. Dan peristiwa yang diberitakan biasanya merupakan peristiwa atau kejadian yang paling baru.

Struktur umum

Mirip dengan jenis teks bahasa Inggris lainnya seperti teks naratif, teks naratif, atau teks prosedural, teks pesan memiliki susunan atau struktur umum, atau disebut sebagai struktur generik. Struktur umum teks pesan adalah sebagai berikut:

  • Main event / newsworthy event : adalah cerita utama, bagian yang menceritakan rangkuman suatu peristiwa atau peristiwa penting.
  • Latar belakang peristiwa/elaborasi: menceritakan secara rinci latar belakang peristiwa atau
  • peristiwa yang terjadi, siapa yang terlibat, dimana dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
  • Sumber: Bagian terakhir dari struktur teks suatu pesan adalah sumber berita, yang dapat berupa pernyataan dari narasumber, komentar saksi, pendapat ahli atau pernyataan dari pihak terkait terhadap suatu peristiwa.

Teks pesan fungsi suara
Dalam setiap teks bahasa Inggris dari jenis Message Text terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini:

  • Informasi singkat di judul
  • Fokus pada kejadian
  • Penggunaan kata kerja tindakan
  • Gunakan proses material

Contoh teks pesan dan strukturnya

Di bawah ini, penulis memberikan contoh teks pesan untuk membantu pemahaman Anda tentang penjelasan teks pesan di atas.

  • Tujuh tewas dalam kecelakaan di Jalan Sultan
  • Acara saat ini
  • Tujuh orang tewas dalam tabrakan antara bus, mobil, dan truk sekitar pukul 22.35. tadi malam di Jalan Sultan.

Latar belakang acara
Korban tewas adalah semua penumpang di dalam mobil. Polisi percaya mobil itu mungkin mencoba menyalip bus ketika ditabrak truk yang melaju. Pengemudi mobil mungkin tidak menggunakan lampu karena sopir truk mengatakan dia tidak melihat mobil mendekat.
membengkak
Polisi mengatakan mobil seharusnya tidak mencoba menyalip bus karena menyalip tidak diperbolehkan di Jalan Sultan. Selain itu, polisi mengatakan mobil – mobil kompak Jepang – tidak dapat membawa lebih dari lima orang. Nama-nama korban belum diketahui.

Contoh teks pesan 2

Berikut adalah contoh pesan dari berita terbaru tentang gempa susulan di Nepal

Gempa susulan mengguncang Nepal dan India dengan magnitudo 6,7

Gempa susulan yang kuat melanda India dan Nepal pada hari Minggu, mengguncang bangunan di New Delhi dan memicu longsoran salju di Himalaya.
Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa itu berkekuatan 6,7 SR, lebih kecil dari gempa 7,9 yang melanda wilayah itu pada Sabtu, menewaskan sedikitnya 1.900 orang.
“Gempa susulan lagi, kami baru saja mendapat gempa susulan,” kata pendaki gunung India Arjun Vajpai melalui telepon dari base camp di Gunung Makalu, 20 km dari Everest, kepada Reuters.
Jeritan dan suara longsoran salju dapat terdengar melalui saluran telepon yang digunakan Vajpai. Di base camp Everest, pendaki gunung Rumania Alex Gavan mentweet bahwa gempa susulan telah memicu tiga longsoran.

Menterjemahkan

Gempa susulan hantam Nepal dan India, magnitudo 6,7

Gempa susulan dahsyat melanda India dan Nepal pada hari Minggu, mengguncang gedung-gedung di New Delhi dan memicu longsoran salju di Himalaya.
Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa itu mencapai kekuatan 6,7 SR, lebih kecil dari gempa 7,9 yang menewaskan sedikitnya 1.900 orang di daerah itu pada Sabtu.
“Satu hal lagi, kami sekarang mengalami gempa susulan,” kata pendaki gunung India Arjun Vajpai kepada Reuters melalui telepon dari base camp di Gunung Makalu, 20 km dari Everest.
Jeritan dan suara longsoran salju dapat terdengar melalui saluran telepon yang diucapkan Vajpai. Di base camp Everest, pendaki gunung Rumania Alex Gavan mentweet bahwa gempa susulan telah memicu tiga longsoran.

Sumber :