Pengertian E-book Menurut Ahli, Fungsi, Manfaat dan Kelebihan-Kekurangan
By: Date: 2021-02-06 Categories: Pendidikan
Pengertian-E-book-Menurut-Ahli,-Fungsi,-Manfaat-dan-Kelebihan-Kekurangan

Pengertian e-book adalah

E-book adalah buku dalam bentuk digital atau elektronik yang berisi informasi dan petunjuk. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

 

Pengertian-E-book-Menurut-Ahli,-Fungsi,-Manfaat-dan-Kelebihan-Kekurangan

Tidak jauh berbeda dengan buku cetak, e-book (buku elektronik), atau buku elektronik yang berisi kitab suci dan gambar dengan berbagai mata pelajaran, seperti: B. e-book teknologi, e-book sains, e-book motivasi, e-book tutorial buku. Di zaman di mana semuanya digital, e-book harus digunakan lebih dari buku cetak.

Pengertian e-book Menurut para ahli

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia, e-book adalah publikasi buku dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar, atau keduanya, yang dapat dibaca di layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun terkadang didefinisikan sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, ada e-book yang dibuat tanpa adanya versi cetak.

2. Ikan paus

Menurut Whalts, e-book adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca dengan e-book reader di komputer Anda sendiri.

3. Kamus Oxford

Menurut Oxforddictionaries.com, e-book adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dibuat khusus.

Fungsi e-book

1. Sebagai alat untuk belajar

Sekarang malah sebagian besar orang yang membuat e-book yang memiliki ilmu dan tutorial di bidang tertentu.

Bacaan dan informasi, terutama digunakan sebagai e-book, berhubungan dengan bisnis online, tutorial blogging, tutorial komputer dan aspek teknologi.

2. Sebagai media informasi

Sekarang, sebagian besar pelaku bisnis memberikan e-book gratis kepada pengguna yang membutuhkannya. Cukup masukkan email dan pengguna dapat mengunduh e-book yang berisi informasi atau tutorial yang mereka butuhkan.

Membuat dan mendistribusikan e-book ini sangat mudah karena digital. Untuk itu, ebook sangat cocok sebagai media informasi.

Keuntungan dari e-book

1. Mempermudah menulis buku

E-book menjadi solusi bagi Anda yang ingin menerbitkan buku namun kesulitan dalam membuatnya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak cukup lama dan cukup sulit.

Tidak masalah jika kita membuat buku digital. Namun tentunya format e-book harus dibuat semenarik mungkin agar bisa didistribusikan atau dijual.

2. Menghemat biaya pembuatan buku

Biaya produksi buku cetak cukup mahal karena masih menggunakan peralatan tradisional. Tidak seperti pembuatan e-book, biayanya hampir tidak ada, bahkan bisa gratis.

3. Memfasilitasi proses penyebaran informasi

Mendistribusikan e-book sangatlah mudah, menggunakan internet dan perangkat elektronik lainnya seperti flashdisk atau hard drive.

4. Fasilitasi proses belajar mengajar

Dengan adanya e-book, proses belajar mengajar menjadi lebih mudah. Guru dapat membuat materi pelajaran dalam bentuk e-book dan kemudian mengirimkannya ke siswa mereka.

Berbagai format e-book

  1. PDF (Format Dokumen Portabel)
  2. EPUB (publikasi elektronik)
  3. MOBI (Format MobiPocket)
  4. AZW (Amazon World)
  5. KF8 (Kindle Fire Format dari Amazon)
  6. PDB (Database File Palm)
  7. HTML (Hyper Text Markup Language)
  8. RRC (Palm Resource File)
  9. CHM (HTML terkompresi)
  10. XHTML
  11. XML

Keuntungan dan kerugian e-book

1. Keunggulan dari e-book

Lebih kompak

Intent e-book atau buku digital lebih ringkas daripada buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka e-book kapan pun, di mana pun

Lebih tahan lama

Tentunya karena digital, e-book lebih awet dan tidak mudah rusak dibanding buku cetak.

Lebih murah

Produksi e-book sangat sederhana dan murah sehingga harganya biasanya lebih murah dari pada buku cetak.

Ramah lingkungan

E-book tidak membutuhkan tinta atau kertas dan oleh karena itu lebih ramah lingkungan daripada buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

2. Kurangnya e-book

Tidak bisa menahannya

Faktanya, kebanyakan orang lebih suka ringkas. Namun, beberapa orang lebih memilih buku karena perangkat yang tidak dapat disediakan oleh e-book

Ukuran font lebih kecil

Biasanya ukuran font di e-book lebih kecil daripada di buku cetak saat kita membukanya di ponsel.

Membuat mata cepat lelah

Saat kita membaca e-book, cahaya dari ponsel atau perangkat genggam bisa dengan mudah melelahkan mata kita. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan mata, mis. B. tanpa mata.

Baca Juga: