Pengertian Kreatif, Ciri-Ciri Orang Kreatif, dan Bentuk-Bentuk
By: Date: 2021-04-04 Categories: Pendidikan
pengertian-kreatif

Kehidupan manusia itu unik, setiap orang memiliki bahaya fana yang dipengaruhi dan dibentuk oleh banyak faktor. Ada faktor orang tua, teman dekat, keluarga, lingkungan, buku atau guru. Besarnya faktor-faktor ini tidak sama untuk semua orang. Namun, satu hal yang jelas: karakteristik dan cara hidup manusia saling terkait. Inilah yang mengakibatkan setiap orang memiliki Hazanah dan pengalaman hidup yang tidak sama.

Pada dasarnya setiap orang memiliki bakat dan keahlian masing-masing, baik fisik maupun mental. Akan tetapi, banyak dari bakat dan keterampilan tersebut yang tidak dikembangkan atau diteliti bahkan hilang karena ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya adalah kurangnya dukungan lingkungan dan kurangnya fasilitas yang dapat membantu mengembangkan bakat-bakat tersebut. Bagaimanapun, keterampilan yang dimiliki seseorang tidak muncul. Oleh karena itu, di sini dibahas dalam kaitannya dengan itu

pengertian-kreatif

Pahami secara kreatif

Definisi kreatif ini terkadang digunakan oleh pengguna bahasa baik untuk tujuan positif maupun negatif. Sederhananya, pemahaman kreatif adalah keterampilan seseorang (atau sekelompok orang) yang memungkinkan mereka menemukan pendekatan atau terobosan baru dalam menghadapi suatu situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara baru dan unik yaitu. berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.

Kata “creative” adalah kata dari bahasa Inggris To Create, yang juga berarti:

  • Combine (gabungkan) = menggabungkan satu hal dengan yang lain;
  • Reverse (reverse) = membalikkan beberapa bagian atau proses;
  • Eliminate (hapus) = singkirkan beberapa bagian;
  • Alternatif (kemungkinan) = penggunaan metode / metode yang berbeda;
  • Twist (twist) = memutar sesuatu dengan ikatan;
  • Elaborasi (detail) = menunjukkan atau menambahkan sesuatu

Ketika teman mendengar kata kreatif atau kreatif, apa yang Anda lihat atau bayangkan di benak teman Anda? Beberapa dari kita mungkin membayangkan senimannya. Namun kenyataannya, kreativitas dan kreativitas jauh lebih luas dari yang kita bayangkan

Kreatif artinya memiliki kreativitas, yaitu kemampuan menciptakan sesuatu. Hal inilah yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Kreativitas adalah naluri yang lahir. Oleh karena itu, setiap orang pada dasarnya juga kreatif. Namun, hanya saja manusia perlu lebih berupaya untuk mengembangkan kreativitasnya.

Pemahaman kreatif menurut para ahli

Kita sering mendengar kata kreatif di lingkungan kita. Hal ini mendorong para ahli untuk memberikan pendapatnya tentang definisi dan makna kreatif. Oleh karena itu, berikut definisi kreatif yang dikemukakan para ahli, di antaranya:

Kreatif berdasarkan Hasan & Azis Nik

Istilah kreatif berasal dari bahasa latin “creare”, yang artinya “melakukan” (membuat). Dalam bahasa Yunani juga, krainein memiliki arti memenuhi. Dalam bahasa Inggris disebut “create” atau “copyright” dalam bahasa Melayu.

Kreatif menurut Supriadi

Dijelaskannya, pemahaman kreatif adalah kemampuan seseorang untuk memunculkan sesuatu yang baru, baik berupa ide maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang sebelumnya. Kreativitas adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi yang menyiratkan peningkatan keterampilan berpikir yang ditandai dengan suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

Kreatif menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 456) kreativitas adalah suatu kemampuan berkreasi atau kecerdikan, kreativitas juga dapat bermakna karena ciptaan terbaru maupun orisinal karena kreativitas merupakan proses mental yang unik untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan juga yang baru. asli. Kreativitas adalah aktivitas otak yang terorganisir, komprehensif, dan imajinatif yang mengarah pada hasil orisinal.

Kreatif menurut Semiawan

Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan kreatif adalah kemampuan memunculkan ide-ide baru dan juga mampu mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah.

Kreatif menurut Chaplin

Chaplin menjelaskan bahwa pemahaman kreatif adalah kemampuan menciptakan bentuk baru dalam seni atau mesin, atau memecahkan masalah dengan metode baru.

Kreatif berdasarkan Utami Munandar

Utami Munandar (1992: 47) juga menyatakan bahwa konsep kreatif adalah kemampuan membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau elemen yang ada. “

Kreatif berdasarkan Clarkl Monstakis

Kreativitas merupakan pengalaman mengungkapkan dan mewujudkan identitas individu dalam bentuk yang terintegrasi antara hubungan antara diri sendiri, alam dan sesama.

Kreatif menurut Kuper

Pemahaman kreatif adalah konsep yang multidimensi dan multidimensi dan membuatnya sulit untuk didefinisikan secara operasional. Definisi sederhana yang sering digunakan jika mengacu pada kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bentuknya adalah ulah manusia. Produk kreatif diciptakan melalui proses kreatif yang berlangsung di kepala orang atau di sekelompok orang.

Kreatif menurut Kamus Webster

Kamus kreatif Webster (1976) adalah “Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru”. Definisi ini menunjukkan bahwa menjadi kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

Kreatif menurut Sternberg

Ia mengartikan kreatif sebagai seseorang yang dapat berpikir secara sintetis, yang berarti ia dapat melihat hubungan yang tidak dapat dilihat orang lain, dan yang juga memiliki kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai atau kualitas ide-idenya, pekerjaan pribadi, keberadaan. mampu menerjemahkan teori dan hal yang abstrak menjadi ide yang lebih praktis sehingga seseorang dapat meyakinkan orang lain untuk menginput ide yang akan digarapnya.

Aspek kreatif

Berdasarkan pertimbangan ini, kita dapat mengkaji empat aspek secara kreatif.

  • Kreatif diartikan sebagai tenaga atau energi yang ada pada diri individu. Energi inilah yang menjadi penggerak seseorang untuk melakukan sesuatu atau untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Menurut Robert Franken, ada tiga motivasi yang mengarahkan seseorang untuk berkreasi, yaitu (a). Kebutuhan akan sesuatu yang baru, bervariasi, dan lebih baik (b). Dorongan untuk menyampaikan nilai dan gagasan, (c). Keinginan untuk memecahkan masalah. Ketiga dorongan inilah yang kemudian membuat seseorang menjadi kreatif. Dengan kata lain, masalah kreatif ini dapat diartikan sebagai energi atau dorongan tersendiri yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan tertentu.
  • Kreatif diartikan sebagai proses, yaitu mengelola informasi, melakukan sesuatu, menciptakan sesuatu atau proses yang tercermin dalam pemikiran yang lancar dan fleksibel.
  • Produk itu kreatif. Penilaian orang lain tentang motif seseorang terkait dengan produk. Tujuan dari produk ini dapat berupa produk pemikiran (ide), karya tertulis, atau produk dalam pengertian barang.
  • Kreatif diartikan sebagai pribadi. Kreativitas ini tidak diarahkan pada produk atau prosesnya. Tapi kreatif di sini ditujukan untuk individu. Menurut Sternberg (dalam Sfifa 2007) orang yang kreatif adalah seseorang yang dapat berpikir secara sintetik, artinya ia dapat melihat hubungan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain dan memiliki kemampuan untuk menganalisis gagasan dan nilainya sendiri atau mengevaluasi kualitas dirinya. pekerjaan pribadi. mampu menerjemahkan teori dan hal-hal abstrak menjadi ide-ide praktis untuk meyakinkan orang lain tentang ide-ide yang akan mereka kerjakan

Kualitas kreatif

Ada berbagai karakteristik yang dapat menggolongkan seseorang dalam kelompok orang kreatif. Karakteristik tersebut antara lain:

  • Berpikirlah di luar otak, itulah yang sering dikatakan oleh orang-orang kreatif. Orang kreatif selalu berpikir “di luar otak”, mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa dan sesuatu yang tidak biasa. Jika kebanyakan orang pergi ke jalan biasa, orang kreatif bisa pergi ke jalan yang tidak biasa. Ketika orang lain pergi ke satu arah, orang kreatif pergi ke segala arah. Orang yang berpikir out of the box selalu membahas sesuatu yang tidak dilakukan orang lain.
  • Tidak takut dengan saingan, bagi seseorang yang kreatif, persaingan itu menyenangkan karena mempunyai saingan berarti bisa berpikir lebih keras dan tidak mau saingan dan jika tidak ada saingan tidak akan pernah ada pembanding. Orang yang takut persaingan bukanlah orang yang kreatif.
    Ingatlah selalu untuk mengembangkan keberanian otak kanan saat mengontrol otak kanan.
    Orang kreatif memiliki sudut pandang pribadi dan memiliki pandangan pribadi mereka sendiri tentang dunia yang mereka pedulikan. Mereka cenderung melihat dan bereaksi terhadap hal-hal yang berbeda, dan mereka bahkan cenderung bersemangat tentang hal-hal yang menurut orang lain tidak terlalu berharga.
    Orang kreatif selalu menyukai tantangan seperti tantangan. Mudah bagi mereka untuk memikirkan cara memecahkan situasi sulit karena kesulitan yang mereka hadapi merangsang pikiran artistik mereka.
    Secara umum, kegagalan menjadi orang yang kreatif dan inovatif disebabkan oleh ketidakseriusan untuk menjadi lebih baik, kekuatan orang yang kreatif dan inovatif yang berasal dari diri sendiri, dan ide-ide realistik yang tidak datang dari orang lain.

Kebutuhan untuk memiliki kualitas yang produktif dan kreatif

Waktu semakin maju. Persaingan dalam hidup semakin ketat. Adanya persaingan untuk hidup ini dikarenakan jumlah manusia yang semakin banyak sedangkan bumi yang merupakan negara tempat mereka tinggal tidak semakin meningkat. Selain itu, areal pertanian tempat produksi pangan semakin sempit karena banyak digunakan sebagai lokasi pemukiman, lokasi industri, dll. Sementara itu kebutuhan hidup manusia semakin meningkat.

Mengingat hal di atas, diperlukan kreativitas manusia untuk menciptakan lapangan kerja. Selain itu, diperlukan produktivitas yang tinggi untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Selama ini belum banyak masyarakat Indonesia yang mampu membuat produk sendiri dan masih banyak yang menggunakan produk luar negeri. Allah SWT senantiasa mendorong para hamba-Nya untuk selalu produktif dan berkreasi guna mencapai sesuatu yang dikehendaki bersama yaitu memenuhi kebutuhan hidup.

Cobalah untuk mengindahkan kata-kata Allah SWT seperti ini:

Artinya: “… Allah tidak akan mengubah kondisi suatu umat, mereka akan mengubah kondisi dirinya…” (QS Ar Ra’d: 11)

Menurut ayat di atas ditegaskan bahwa orang hendaknya tidak hanya menunggu nasib bahagianya, tetapi berusaha dengan sungguh-sungguh. Allah SWT menyediakan kebutuhan hidup manusia, namun manusia harus berusaha mendapatkannya.

Tidak hanya di bidang bisnis yang ditawarkan oleh Allah SWT. Agar selalu kreatif, produktif dan inovatif ternyata dalam syariat Islam juga diperlukan sikap-sikap tersebut. Hal ini diperlukan karena banyaknya permasalahan yang dihadapi matriks-matriks Islam terkait dengan hukum ini.

Dalam dunia Islam kita mengenal banyak ulama yang kreatif dan inovatif, terobosan metode pengambilan kesimpulan hukum berdasarkan dalil dan pola pikir yang telah dibangunnya, seperti Imam Al Ghazali, Muhammad Abduh, Ibnu Taimiyyah dan lain-lain yang menggunakan gelar Diterima. Mujtahid. sedangkan ulama-ulama yang mengikuti pemikiran dan metode gurunya disebut muqtadi atau muttabi.

Value of Profits (Positif) Memiliki sikap produktif dan kreatif

Manfaat yang bisa didapat dari pola pikir produktif dan kreatif adalah sebagai berikut:

  • Bisa bergerak mengikuti perkembangan zaman sehingga banyak orang yang tertarik dengan pekerjaannya
  • Hasil yang didapat cukup banyak dari karyanya.
  • Pemenuhan kebutuhan hidup agar dapat menjalani kehidupan yang layak.
  • Kepuasan batin karena mampu menghasilkan sesuatu yang diminati banyak orang
  • Tingkatkan jumlah hubungan persaudaraan untuk membuat hidup lebih nyaman.

Contoh kreatif

Di bawah ini adalah contoh kreatif yang paling sering kita tunjukkan di sekitar kita:

Dalam seni

Kami pasti pernah melihat orang menyanyikan sebuah lagu. Sekarang lagu tersebut telah diciptakan oleh orang-orang yang tergabung dalam kelompok kreatif dan orang-orang yang membuat aransemen musik untuk lagu yang diciptakan membutuhkan kreativitas yang tinggi karena harus menyesuaikan dengan tema lagu tersebut agar dapat menghiasi lagu tersebut.

Dalam kewirausahaan / produk

Kita pasti pernah mendengar tentang sepatu atau gaun dengan berbagai macam desain juga. Sekarang orang yang membuat desain kaos atau sepatu disebut desainer. Desainer adalah orang yang kreatif karena mampu menciptakan berbagai bentuk desain.

Jadi ini beberapa contoh orang kreatif. Contoh-contoh ini adalah tinjauan akhir dari pemahaman kreatif, sifat dan contoh oleh para ahli. semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Di sekolah

Di sekolah kreatif pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda, yaitu:

  • pengajaran kreatif (creative teaching) dan
  • Kreativitas Pengajaran (Teaching Kreativitas).

Pengajaran kreatif menunjukkan bagaimana guru dapat menggunakan pendekatan imajinatif untuk membuat kegiatan / kegiatan belajar lebih menarik, bersemangat dan efektif. Sedangkan teaching for kreativitas mengacu pada penggunaan bentuk-bentuk pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan siswa agar dapat berpikir dan bertindak secara kreatif.

Sumber :