Pengertian tanah: komponen, proses pembentukan & Faktor
By: Date: 2021-03-07 Categories: Pendidikan
Pengertian-tanah-komponen-proses-pembentukan-&-amp;-Faktor

Pengertian tanah: komponen, proses pembentukan & amp; Faktor

Pahami tanah

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam terpenting di planet bumi dan kunci keberhasilan makhluk hidup. Tanah merupakan lapisan tipis kerak bumi dan terletak paling luar.

Pengertian-tanah-komponen-proses-pembentukan-&-amp;-Faktor

Tanah merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan inang (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik. Tanah mengandung partikel batuan atau mineral, zat organik (senyawa organik dan organisme), air dan udara.

Mineral adalah elemen utama tanah. Pada umumnya mineral terbentuk dari padatan anorganik dan memiliki komposisi yang homogen.

Pahami tanah menurut para ahli

Menurut ahli geologi (berdasarkan pendekatan geologi)

Tanah didefinisikan sebagai lapisan permukaan bumi yang berasal dari batuan yang telah mengalami serangkaian pelapukan oleh kekuatan alam untuk membentuk regolit (lapisan partikel halus).

Menurut Ilmu Pengetahuan Alam Murni (berdasarkan pendekatan pedologis)

Tanah didefinisikan sebagai bahan padat (baik mineral maupun organik) yang ada di permukaan bumi yang telah berubah dan berubah dan dipengaruhi oleh faktor-faktor: sumber bahan, iklim, organisme, topografi dan waktu.

Menurut pakar pertanian (berdasarkan pendekatan edafologi)

Tanah didefinisikan sebagai media tempat tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan kepentingan tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya akar, membantu tegaknya tumbuh-tumbuhan serta menyediakan air dan unsur hara bagi akar tanaman.

Menurut J.J. Berzelius (Swedia, 1803)

Tanah merupakan laboratorium kimia dimana proses penguraian dan reaksi kimia berlangsung secara rahasia.

Setelah Justus Von Liebig (Jerman, 1840)

Usulan teori keseimbangan hara tanaman (lembar balanche teoritis Plan-Naturation), yang menganggap tanah sebagai tabung reaksi di mana jumlah dan jenis hara tanaman dapat ditentukan.

Setelah Friedrich Fallou (1855)

Tanah dilihat sebagai hasil pelapukan dengan menggerogoti batuan keras dan secara bertahap membusuk.

Setelah Dokuchaiev (Rusia, 1877)

Definisi tanah harus berkaitan dengan iklim dan dapat digambarkan sebagai zona geografis yang luas yang, dalam skala peta dunia, tidak hanya terkait dengan iklim tetapi juga dengan lingkungan tumbuhan.

KAMI. Thaer (1909)

Permukaan planet terdiri dari material yang rapuh dan gembur yang disebut tanah. Ini adalah kumpulan dan campuran bahan yang berbeda, seperti B. elemen: Si, Al, Ca, Mg, Fe dll.
Komponen lantai

Lalu apa sajakah penyusun tanah tersebut? Berikut penjelasannya:

mineral

Komponen terpenting dari tanah adalah mineral. Proporsi kandungan mineral dalam tanah 45% lebih banyak dibandingkan dengan komponen lainnya. Mineral yang merupakan komponen utama berkaitan dengan kesuburan tanah. Jika tanah tidak memiliki kandungan mineral maka tanaman yang ditanam akan kekurangan komponen untuk proses pertumbuhannya.

Proses pembentukan mineral ini membutuhkan waktu yang lama. Jenis batuan yang lapuk saat tanah terbentuk mempengaruhi jenis tanah yang nantinya dibuat. Secara umum terdapat tiga jenis batuan yang nantinya mempengaruhi jenis tanah saat mengalami pelapukan yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan malihan.

air

Komponen selanjutnya adalah air dengan persentase 25%. Berdasarkan pengamatan, air merupakan komponen tanah yang secara inheren dapat berubah atau dinamis. Bagian tanah yang ditempati air merupakan bagian pori tanah.
Lihat juga: Dokumen Faktur

Komposisi air dan udara di dalam tanah berbanding terbalik, dengan kadar udara di dalam tanah tergantung tinggi rendahnya kadar air di dalam tanah. Semakin tinggi kadar air di dalam tanah maka semakin rendah pula kandungan udara di dalam tanah. dan sebaliknya. Air juga merupakan komponen tanah yang penting karena air berguna untuk membantu tumbuhan berfotosintesis nantinya.

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/