Pengertian Vendor, Fungsi, Tugas, Tangung jawab dan Jenis
By: Date: 2021-04-09 Categories: Pendidikan
pengertian-vendor

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang providernya. Pernyataan dari penyedia ini dijelaskan sebagai berikut:

pengertian-vendor

Definisi penyedia

Vendor adalah pihak (institusi bisa juga perseorangan) yang menyediakan / menjual bahan baku, bahan penunjang, jasa atau produk yang diolah atau dijual kembali oleh perusahaan lain untuk mendukung kinerja perusahaan.

Pendapat lain juga menyatakan bahwa konsep penjual adalah perusahaan atau perorangan yang menjual suatu produk (barang atau jasa) kepada pihak lain (perusahaan atau perorangan) guna mendukung kinerja perusahaan lain atau bahkan bahan baku untuk menghasilkan produk jadi. untuk dapat memproduksi yang dijual ke pengguna akhir.

Dalam hal ini, penyedia tidak hanya menjual bahan mentah, tetapi juga produk setengah jadi atau komponen penting guna menghasilkan produk jadi. Selain menjual material ini, ada juga vendor yang menjual jasa / keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

Fungsi pabrikan

Sehubungan dengan pentingnya pemasok sebagaimana diuraikan di atas, fungsi pemasok adalah memastikan ketersediaan barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan untuk kegiatan atau kegiatan operasionalnya.

Dengan kata lain, perusahaan membutuhkan pemasok ketika bahan baku atau pekerjaan tertentu tidak dapat disediakan sendiri. Oleh karena itu, pihak lain perlu menyediakannya. Produk yang telah dibeli dari pemasok dapat berupa bahan baku, bahan penolong, produk setengah jadi atau jasa agar dapat melaksanakan tugas tertentu.

Keberadaan provider tersebut sangat penting untuk kelancaran suatu perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan selalu memperhatikan kualitas pekerjaan para pemasok yang menjadi mitranya, dan juga memantau hal tersebut.

Setiap masalah yang terjadi dengan pemasok mempengaruhi perusahaan mitra. Contoh; Masalah distribusi mempengaruhi ketepatan waktu pengiriman, kualitas bahan, kualitas produk yang dibuat, dll.
Tugas dan Tanggung Jawab Penjual

Pada dasarnya, tugas penjual adalah memastikan bahwa barang atau jasa perusahaan disediakan dengan benar. Konsisten dengan pengertian penjual yang dijelaskan di atas, kewajiban penjual diatur di bawah ini, antara lain sebagai berikut:

  • Memenuhi setiap permintaan dari perusahaan yang merupakan mitranya, sesuai dengan kesepakatan.
  • Memastikan bahwa setiap produk (barang atau jasa) yang dijual kepada konsumen adalah produk yang berkualitas.
  • Pastikan barang dan jasa dikirim dalam batas waktu yang ditentukan.
  • Memberikan layanan terbaik kepada konsumen dengan harga bersaing.

Jenis penyedia

Vendor tersebut dapat dibedakan berdasarkan jenis produk yang dijual yaitu barang dan jasa. Ada supplier yang khusus menjual produk berupa bahan baku, produk setengah jadi dan bahan pendukung. Ada juga provider yang khusus menjual produk berupa jasa.

1. Vendor vendor barang

Vendor penyedia barang adalah lembaga atau perorangan yang menjual produk berupa barang kepada suatu perusahaan guna mendukung usaha perusahaan.

Contoh; Sebuah pabrik benang membutuhkan mesin yang dapat memproduksi benang. Kemudian pabrik benang akan mencari supplier yang menjual mesin produksi benang.

2. Penyedia Layanan

Penyedia jasa adalah lembaga atau individu yang menjual jasa dalam bentuk keahlian tertentu kepada perusahaan lain.

Contoh; Perusahaan benang membutuhkan jasa kurir untuk dapat mengirimkan benang yang mereka produksi ke bisnis retail. Kemudian perusahaan benang akan bekerja sama dengan pemasok yang khusus menangani pengiriman barang.

Sekian, dan terima kasih telah membaca tentang memahami vendor, peran, peran, tanggung jawab, dan tipe. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :