Pteridophyta adalah: Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Sifat
By: Date: 2021-03-19 Categories: Pendidikan
Pteridophyta-adalah-Pengertian-Klasifikasi-Manfaat-Sifat

Pteridophyta adalah: Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Sifat

Pengertian Pteridophyta (tumbuhan paku)

Pteridophyta atau yang sering disebut dengan pakis merupakan tumbuhan tingkat atas yang sudah memiliki akar, daun dan batang yang asli. Pakis ini hidup di tempat yang lembab (hygrophytes), di air (hydrophytes) atau di pohon lain (epifit). Pteridophyta tidak dapat menghasilkan biji dalam proses seksual, tetapi juga melepaskan spora sebagai alat distribusi atau reproduksi. Saat ini telah ditemukan sekitar 12.000 spesies Pteridophyta.

Pteridophyta-adalah-Pengertian-Klasifikasi-Manfaat-Sifat

Klasifikasi Pteridophyta (tumbuhan paku)

Bergantung pada jenis spora, pakis ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok:
A. Kuku homosporous

Kuku rumahan adalah tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora dengan jenis kelamin dan ukuran yang sama, tidak dapat dibedakan antara spora dan betina. Jenis tumbuhan ini sering disebut juga pakis isospora.

B.Paku Heterospora

Kuku heterospora adalah tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora dengan ukuran yang sangat berbeda antara spora dan betina. Spora jantan ini tampak lebih kecil, sehingga disebut mikrospora. Sedangkan spora betina berukuran cukup besar untuk disebut makrospora. Kuku heterospora sering disebut sebagai isospore.
C.Paku transisi

Kuku peralihan adalah tumbuhan paku yang sangat berbeda jenis kelaminnya, jantan dan betina, namun ukuran sporannya hampir sama.

Berdasarkan jenis spora pakis ini juga dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
Kuku rumahan

Paku rumahan dapat menghasilkan spora dengan ukuran yang sama dan tidak dapat membedakan antara spora jantan dan betina. Jenis tumbuhan ini juga dapat disebut paku isospore, contoh: Lycopodium sp (paku kawat).
Kuku heterospora

Jenis pakis ini menghasilkan spora yang ukurannya sangat berbeda sehingga dikenal sebagai an-isospora. Spora jantan dikenal dengan sebutan mikrospora karena ukurannya yang kecil, sedangkan spora betina berukuran lebih besar sehingga dikenal dengan sebutan makrospora, contoh: Selaginella sp (Rane Ferns).
Paku transisi

Kuku transisi adalah pakis dari jenis kelamin yang berbeda, tetapi ukuran spora hampir sama. Misalnya: Equisetum debile (ekor kuda).

 

LIHAT JUGA:

 

https://imii.co.id/
https://apartemenjogja.id/
https://bingo.co.id/
https://youtubers.id/
https://lakonlokal.id/
https://pesantrenkilat.id/
https://sorastudio.id/
https://balikpapanstore.id/
https://excite.co.id/
https://technicracy.com/