Harga Renovasi Per Meter – Bangun Rumah Murah Bekasi
By: Date: 2022-04-17 Categories: Umum
Harga Renovasi Per Meter - Bangun Rumah Murah Bekasi

Biaya renovasi standar per meter

Harga Renovasi Per Meter - Bangun Rumah Murah Bekasi

Setiap apartemen memiliki standar biaya renovasi rumah per meter yang berbeda. Besaran RAB untuk perbaikan rumah mewah tentu berbeda dengan rumah biasa. Oleh karena itu, pahami standar biaya berdasarkan tipe rumah berikut untuk menentukan rencana anggaran yang sesuai.

Baca Juga Memahami Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah
1. Rumah biasa

Untuk apartemen biasa, biaya renovasi per meter berkisar Rp. 2,8 juta dan tidak melebihi Rp. 3,4 juta. Sama halnya dengan rumah tipe 36. Pada umumnya bahan yang digunakan berkualitas rendah. Jika ingin menggunakan bahan yang bagus, standarnya bisa dinaikkan tergantung jenis produknya.

Keramik yang digunakan tidak bermerek dan diproduksi oleh China. Kemudian plafonnya terbuat dari multipleks. Sedangkan rangka atapnya terbuat dari kayu dan masih menggunakan jenis penutup genteng tradisional. Plesteran masih menggunakan semen tradisional dengan dinding bata.
2. Rumah standar

Satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya, tipe rumah ini juga memiliki biaya renovasi per meter yang lebih tinggi. Untuk pemilik apartemen standar, biayanya mulai dari Rp 3,6 juta hingga Rp 4.000.000/meter. Misalnya, jika Anda ingin merenovasi rumah 10 meter persegi, Anda perlu menyiapkan setidaknya Rp 40.000.000.

Rangka atap dipilih dari baja ringan, meskipun tidak menggunakan merek terkenal. Kemudian, saat plesteran, digunakan campuran semen instan dan konvensional. Langit-langit rumah standar terbuat dari plester atau kayu lapis. Sedangkan lantainya sudah menggunakan ubin homogen.

Baca juga perkiraan biaya renovasi rumah 2 lantai berdasarkan tipe rumah
3. Rumah mewah

Di kelas atas, standar biaya untuk merenovasi rumah setiap meter semakin meningkat. Bahkan melebihi angka Rp 4.500.000. Jadi jika luasnya 20m2, biayanya bisa mencapai Rp. 50.000.000. Belum lagi merenovasi rumah mewah berlantai dua. Bahan yang digunakan pasti branded. Seperti struktur atap yang terbuat dari baja struktural dengan genteng datar.

Lantainya sendiri terbuat dari granit. Kemudian dipilih material gypsum yang akan dipasang pada plafon. Bata Ringan digunakan untuk pemasangan di dinding. Terakhir, saat memplester rumah mewah, digunakan semen instan.
Hal-hal yang mempengaruhi biaya renovasi per meter

Pemilik rumah dapat memperkirakan anggaran renovasi mereka dengan mengalikan biaya standar dengan luas rumah. Tetapi jumlah yang diperoleh bukanlah nilai yang pasti. Karena ada hal lain yang mempengaruhi biaya.

harga bahan. Tentu saja, jika bahan yang digunakan berkualitas tinggi, perkiraan biaya per meter meningkat. Hal yang sama berlaku ketika harga bahan bangunan naik.
jumlah level. Tidak hanya jenis rumah, tetapi juga jumlah tingkat mempengaruhi perkiraan biaya. Jika satu lantai harganya Rp 72.000.000, rumah untuk dua lantai harus dikalikan 2, menjadi Rp 144.000.000.

Saat mencari RAB dari kontraktor yang andal, Anda harus dipandu oleh biaya dan harga standar yang saat ini ada di pasaran. Jika sudah memiliki perkiraan dari perhitungan yang benar, siapkan dana sebesar 10-15% dari total biaya untuk mempersiapkan pengeluaran tak terduga.

Itulah pembahasan biaya renovasi rumah per meter. Kami berkomitmen untuk menjadi mitra terbaik bagi Anda termasuk menawarkan harga terbaik dan termurah. Anda dapat mendiskusikan hal ini dengan tim kami sebelumnya.

Sumber :