Sistem ekonomi liberal: sejarah, karakteristik, fundamental, kekuatan, kelemahan
By: Date: 2021-03-31 Categories: Pendidikan
Sistem-ekonomi-liberal-sejarah-karakteristik-fundamental-kekuatan-kelemahan

Pahami sistem ekonomi liberal
Buka baca cepat

Sistem ekonomi liberal adalah sistem di mana semua kegiatan ekonomi, mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Doktrin ini dipandang sebagai dasar munculnya sistem ekonomi liberal (pasar) atau secara umum disebut sebagai ekonomi kapitalis. Menurut doktrin ini, tatanan ekonomi yang paling mendukung kebaikan bangsa adalah di mana pemerintah memberikan kebebasan kepada individu dan perusahaan swasta untuk berproduksi dan mengkonsumsi atas kebijaksanaannya sendiri. Jenis dan kuantitas alat produksi untuk pemenuhan kebutuhan, bagaimana pendistribusiannya, dan kepada siapa alat pemuas kebutuhan itu ditujukan, semuanya ditentukan oleh mekanisme pasar.

Sistem-ekonomi-liberal-sejarah-karakteristik-fundamental-kekuatan-kelemahan

Sejarah Ekonomi Liberal

Teori dasar ekonomi liberal telah dikembangkan untuk melawan merkantilisme dan feodalisme sejak awal abad ke-19. Teori ini pertama kali dikembangkan oleh Adam Smith, yang menyarankan agar pemerintah tidak terlalu mengganggu pasar. Smith berpendapat bahwa jika setiap orang diperbolehkan menjalankan kegiatan ekonominya sendiri dan tidak dikendalikan oleh negara, hasilnya akan lebih harmonis dan bersosialisasi dalam rangka peningkatan kesejahteraan. Teori ini didukung oleh sistem ekonomi kapitalis di akhir abad ke-18 dan runtuhnya sistem merkantilis.
Fitur sistem ekonomi liberal

Berikut adalah beberapa ciri dari sistem ekonomi liberal, yaitu sebagai berikut:

Baca lebih lanjut: Memo adalah

Harga barang ditentukan oleh mekanisme pasar
Pemerintah tidak ikut campur dalam sistem ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan untuk menghasilkan keuntungan
Kompetisi dilakukan dengan bebas
Kepemilikan barang secara bebas, termasuk barang modal
Modal adalah peran yang sangat penting
Kebebasan untuk menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya
Kegiatan ekonomi dilakukan oleh badan publik dan swasta

Ideologi ekonomi liberal dasar

Properti pribadi dan kontrak individu membentuk dasar ekonomi liberal. Teori asli didasarkan pada asumsi bahwa kegiatan ekonomi individu dihasilkan dari kepentingan pribadi yang lebih besar dan kebutuhan untuk bebas bertindak tanpa batas untuk mencapai hasil terbaik untuk semua selama tidak melebihi standar dan mematuhi prinsip. keadilan. Misalnya tidak ada paksaan, pencurian dan penipuan serta ada kebebasan berbicara dan kebebasan pers. Awalnya, pendukung ekonomi liberal harus berurusan dengan pendukung feodalisme, yang kebanyakan adalah orang kaya dan bangsawan. Namun di akhir abad 19 dan awal abad 20, pendukung feodalisme kalah.

1. Posisi intervensi negara

Ekonomi liberal menentang intervensi pemerintah dengan alasan negara sering berperan sebagai wadah kepentingan bisnis yang diperhitungkan dengan cara mendistorsi pasar untuk kepentingan pihak tertentu. Sehingga, hasil yang dicapai manusia tidak maksimal. Ordoliberalisme dan berbagai sistem liberalisme sosial didasarkan pada liberalisme klasik, yang mencakup peran yang lebih besar bagi negara tetapi tidak berusaha untuk menggantikan perusahaan swasta dan pasar bebas dengan perusahaan negara dan perencanaan ekonomi. Misalnya, ekonomi pasar sosial adalah ekonomi yang didominasi oleh sistem harga bebas dan kepemilikan pribadi serta terus mendukung kegiatan pemerintah untuk mempromosikan pasar kompetitif dan program kesejahteraan sosial untuk menghilangkan ketimpangan sosial akibat pasar bebas. Ekonomi liberal juga mendukung kesempatan yang sama (juga dikenal sebagai mobilitas sosial) karena mereka percaya bahwa kurangnya kesempatan yang sama akan meningkatkan monopoli swasta, yang secara serius melanggar kebebasan individu.
Baca selengkapnya

2. Kedudukan perseroan terbatas publik

Ekonomi liberal dapat mendukung keberadaan perusahaan publik yang menyediakan barang publik. Misalnya, Adam Smith berpendapat bahwa negara berperan dalam memperbaiki jalan, sungai, sekolah, dan jembatan yang tidak efisien bila dilakukan oleh pihak swasta. Namun, Smith lebih suka infrastruktur pemerintah diprorata (misalnya tol, tarif listrik, dan biaya sekolah). Ia juga merekomendasikan tarif untuk mendukung penerapan perdagangan bebas dan melindungi hak cipta dan paten untuk mendorong inovasi. Sub lebih lanjut

 

 

LIHAT JUGA

 

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/gbwhatsapp/
https://mahasiswa.ung.ac.id/511414010/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/download-gb-whatsapp/
https://student.blog.dinus.ac.id/handay/gbwhatsapp-apk/
https://mahasiswa.ung.ac.id/521414015/home/2021/3/19/download-gb-whatsapp-apk-mod-terbaru-anti-banned-pro.html
https://mahasiswa.ung.ac.id/521414015/home/2021/3/19/7-rekomendasi-aplikasi-edit-video-bokeh-paling-canggih.html
https://bpm.uai.ac.id/
https://bpm.uai.ac.id/komparasi-pendidikan/
https://bpm.uai.ac.id/wa-web/
https://www.rentalmobillampung.co.id/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/wa-web/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/wa-web/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/wa-web/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/03/27/wa-web/