Cara Trading Yang Sederhana Tapi Menguntungkan
By: Date: 2022-05-10 Categories: Umum
Cara Trading Yang Sederhana Tapi Menguntungkan

Rute perdagangan sederhana namun menguntungkan

Cara Trading Yang Sederhana Tapi Menguntungkan

1. Tentukan instrumen saat berinvestasi

Tentunya bagi Anda yang ingin terjun ke dunia trading, Anda perlu menentukan wahana investasi mana yang akan Anda pilih nantinya. Anda akan menemukan banyak kendaraan investasi, dari beberapa merek yang sangat populer hingga yang terbaru. Dari sekian banyak instrumen, pilih instrumen yang ingin Anda gunakan dalam aktivitas investasi.

Selain itu, ada juga investasi fisik yang selalu diminati. Seperti halnya perdagangan emas, pasar tidak pernah mati, tetapi juga menawarkan banyak keuntungan. Emas bisa menjadi cara perdagangan yang sederhana namun menguntungkan bahkan untuk pedagang pemula karena risiko berinvestasi dalam emas cukup rendah, seperti halnya deposito.
Baca Juga: Ini Cara Yang Benar dan Benar Berinvestasi di Saham Bank BRI

Selain itu, emas juga memiliki nilai yang terus meningkat setiap tahunnya. Anda bisa berinvestasi emas dengan menggunakan emas batangan murni dan asli, bukan dalam bentuk perhiasan emas. Ini karena emas batangan memiliki nilai yang jauh lebih tinggi. Anda hanya perlu menyiapkan tempat yang aman untuk menyimpan emas batangan sebagai investasi Anda.
2. Kembangkan strategi trading yang tepat

Hal terpenting yang perlu dipahami trader adalah bagaimana mengembangkan strategi trading yang tepat. Trading adalah kegiatan jual beli kendaraan investasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Anda yang memutuskan untuk berdagang jangka pendek perlu berhati-hati dalam melihat peluang serta tren dalam sarana investasi. Saat menyusun strategi trading, memungkinkan trader untuk menentukan target profit yang ingin dicapai. Selain itu, menentukan batas pasti dari kemungkinan risiko yang bisa timbul. Modal yang perlu Anda sesuaikan saat melakukan kegiatan investasi, jangan meminjam untuk modal investasi, melainkan untuk dana lain yang tidak digunakan. Umumnya, pemula menggunakan akun demo pada awalnya, setelah mereka memahami dunia investasi, mereka beralih ke akun perdagangan nyata.
3. Mulai dari yang kecil

Cara sederhana yang dapat dimanfaatkan trader adalah memulai trading dengan melakukan transaksi dengan volume (lot) terkecil sebagai titik awal. Dalam melakukan aktivitas perdagangan, perlu membiasakan diri untuk mengetahui dan memahami situasi perdagangan di bursa. Batas minimum penggunaan volume dalam transaksi adalah 1 lot. Anda dapat mengambil kesempatan di awal untuk beradaptasi dengan situasi pasar lagi dan lagi. Jangan terlalu bersemangat untuk menambah jumlah lot jika Anda tidak memahami kondisi pasar trading.
Baca Juga: Pahami Perbedaan Saham dan Reksa Dana Sebagai Investasi Jangka Panjang
4. Kenali rencana perdagangan dan disiplin waktu

Anda dapat membuat jadwal aktivitas trading dan menjalankannya secara konsisten. Disiplin juga merupakan kunci untuk membeli dan menjual investasi. Berhati-hatilah dengan waktu dan kenali waktu yang tepat, serta dapat memberikan keuntungan investasi. Mengetahui waktu perdagangan yang benar sangat penting bagi pemula.

Trader yang melakukan investasi secara manual tentu tidak bisa melihat pergerakan pasar 24 jam tanpa jeda. Oleh karena itu perlu dibuat jadwal yang tepat, untuk menentukan waktu yang tepat terlebih dahulu melalui pengamatan yang detail. Biasanya dididik di dunia perdagangan dengan pelajaran penerbangan yang berpengalaman, melatih kemampuan dan kepekaan pedagang lebih lanjut dalam membaca situasi pasar dan menguasai keterampilan perdagangan dengan lebih baik. Baik trader baru maupun lama memiliki kesempatan yang sama. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menganalisis situasi pasar perdagangan.
5. Mampu mengendalikan emosi dalam dunia investasi yang panjang

Bagi Anda yang mulai berinvestasi untuk lebih mengontrol emosi agar kendaraan investasi Anda tetap stabil. Tidak sedikit trader yang mengalami kerugian akibat kesalahannya sendiri yang terlalu bersemangat dan emosinya tidak terkontrol. Rasa takut dan ragu yang biasanya menghantui para pemula saat mengambil keputusan. Keraguan ini sering muncul ketika trader harus memutuskan kapan harus masuk dan keluar pasar.

Sebaliknya, banyak trader yang merasa terlalu girang dan rakus tanpa mempertimbangkan kemungkinan kerugian, sehingga sikap rakus ini merugikan trader itu sendiri. Saatnya Anda fokus pada strategi dan tujuan yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Sumber :