Penghasilan Selama Jadi YouTuber Ustaz Ujang Busthomi
By: Date: 2021-09-29 Categories: Pendidikan
ustaz-ujang-busthomi

Ditanya penghasilannya sebagai YouTuber, Ustaz Ujang Bustomi: Soal gaji presiden

ustaz-ujang-busthomi

Ustaz M. Ujang Busthomi mengaku hampir tidak ada aktivitas sejak pandemi dimulai. Ia pun harus menutup Padepokan Anti-Galau agar tidak menjadi tempat penyebaran virus corona.

Bahkan, ia hampir tidak lagi melayani umat paroki yang biasa datang berobat. Bisnisnya sebagai kontraktor bangunan dan pengembang perumahan bersubsidi juga dihentikan.

Demi menjalankan aktivitasnya, ia akhirnya mulai belajar menjadi seorang YouTuber. Materi yang diberikan pun tak jauh dari apa yang ia kerjakan saat menyelesaikan acara ‘Dua Dunia’ di Trans 7.

Dua Dunia merupakan program yang tayang beberapa tahun sebelumnya berupa dunia gaib, dengan tempat-tempat keramat hingga dunia santet.

Akhirnya, untuk mengisi kegiatan, ia mulai belajar bagaimana menjadi seorang YouTuber. Materinya tak jauh dari apa yang dilakukannya beberapa tahun sebelumnya di acara ‘Dua Dunia’ di Trans 7, yakni dunia gaib, tempat-tempat yang dianggap keramat bagi dunia santet.

“Saya menghormati dan angkat topi kepada orang-orang yang diberkahi Tuhan. Karena itu, saya sering berbicara dengan dukun agar tidak merugikan kehidupan atau pendapatan orang lain,” kata Ujang Busthomi.

“Tapi jika kamu tidak bisa berbicara denganku, aku akan bertarung. Aku mengajakmu untuk bertarung,” jelas Ustaz Ujang Busthomi, seperti dikutip detikcom.

Ternyata konten tersebut memiliki peminat tersendiri, hanya dalam beberapa minggu saja subscriber channel YouTube-nya yaitu ‘Kang Ujang Busthomi Cirebon’ mencapai jutaan.

Setidaknya hingga hari ini, Rabu (21/7/2021), jumlah subscriber channel ini sudah mencapai 5,83 juta. Jumlah konten yang diunggahnya mencapai 596 video.

Selama kurang lebih tiga bulan, Ujang Busthomi mempublikasikan lagu Salawat bersama Cici Faramida dan Siti Rahmawati di kanal YouTube miliknya.

Konten ini telah dilihat sekitar 2,4 juta kali. Selain itu, aksinya membagikan uang kepada komunitas jalanan dan pejabat di titik-titik isolasi menjadi viral Kamis lalu.

Dia mengungkapkan bahwa dia telah menghabiskan sekitar 100 juta rupee dalam satu hari. Keesokan harinya ia juga mengeluarkan uang puluhan juta rupiah untuk diberikan kepada pedagang pasar kepada sejumlah wanita di malam hari.

Pertanyaannya adalah berapa banyak uang yang bisa dibagikan kepada orang lain.

“Ya itu sebagian penghasilan saya sebagai youtuber. Saya punya penghasilan sendiri untuk makan sehari-hari,” ujarnya.

Namun, ketika ditanya mengenai tingkat pendapatan rutin bulanannya dari YouTuber, Ujang Busthomi menolak menyebutkannya. Yang jelas di atas gaji presiden, tambahnya.

Ujang pun memastikan istrinya tidak pernah kesal dengan tindakan tersebut. Karena masing-masing dari mereka memiliki sumber pendapatan sendiri-sendiri.

Bahkan Ujang mengatakan, penghasilan istrinya dari mengelola usaha katering dan membangun rumah tidak bersubsidi lebih tinggi dari miliknya yang memiliki 14 lokasi perumahan di wilayah Cirebon.

“Kantung istri saya lebih tebal, saya bermain di rumah subsidi ketika dia tidak disubsidi,” kata Ujang Busthomi.

Sumber :